Mengenal Kosa Kata dalam Teknik Informatika 

100 kosa kata dalam bidang teknik informatika. Kata-kata ini mencakup berbagai konsep, teknologi, dan alat yang umum digunakan di dunia informatika.

1. **Algorithm**: Langkah-langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah.
2. **API (Application Programming Interface)**: Antarmuka yang memungkinkan aplikasi berkomunikasi satu sama lain.
3. **Array**: Struktur data yang menyimpan elemen dalam urutan tertentu.
4. **Artificial Intelligence (AI)**: Teknologi yang membuat komputer bisa meniru kecerdasan manusia.
5. **Big Data**: Kumpulan data yang sangat besar dan kompleks.
6. **Binary**: Sistem bilangan yang menggunakan dua simbol: 0 dan 1.
7. **Bit**: Unit terkecil dari data dalam komputasi.
8. **Blockchain**: Sistem pencatatan yang aman untuk transaksi digital.
9. **Bug**: Kesalahan atau cacat dalam program komputer.
10. **Cache**: Penyimpanan sementara untuk mempercepat akses data.
11. **Cloud Computing**: Penggunaan sumber daya komputasi melalui internet.
12. **Compiler**: Program yang mengubah kode sumber menjadi kode mesin.
13. **Cryptography**: Ilmu dan seni mengamankan informasi.
14. **Database**: Kumpulan data yang terorganisir.
15. **Data Mining**: Proses menganalisis data untuk menemukan pola.
16. **Debugging**: Proses menemukan dan memperbaiki bug dalam program.
17. **DNS (Domain Name System)**: Sistem yang menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.
18. **Encryption**: Proses mengubah data menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci.
19. **Firewall**: Sistem keamanan yang mengontrol lalu lintas jaringan.
20. **Framework**: Kerangka kerja yang mendukung pengembangan perangkat lunak.
21. **Frontend**: Bagian dari aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.
22. **Full Stack Developer**: Pengembang yang menguasai frontend dan backend.
23. **Function**: Blok kode yang melakukan tugas tertentu.
24. **Git**: Sistem kontrol versi terdistribusi.
25. **HTML (Hypertext Markup Language)**: Bahasa markup untuk membuat halaman web.
26. **HTTP (Hypertext Transfer Protocol)**: Protokol untuk mengirimkan data di web.
27. **IDE (Integrated Development Environment)**: Perangkat lunak yang menyediakan alat untuk pengembangan perangkat lunak.
28. **Indexing**: Proses mengorganisir data untuk mempercepat pencarian.
29. **IoT (Internet of Things)**: Jaringan perangkat yang terhubung ke internet.
30. **IP Address**: Alamat unik untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan.
31. **JavaScript**: Bahasa pemrograman untuk pengembangan web.
32. **JSON (JavaScript Object Notation)**: Format data yang digunakan untuk pertukaran data.
33. **Kernel**: Bagian inti dari sistem operasi.
34. **Library**: Kumpulan fungsi atau kelas yang dapat digunakan kembali.
35. **Load Balancer**: Alat yang mendistribusikan beban kerja di beberapa server.
36. **Machine Learning**: Cabang AI yang membuat komputer belajar dari data.
37. **Malware**: Perangkat lunak berbahaya.
38. **Middleware**: Perangkat lunak yang menghubungkan berbagai aplikasi.
39. **Multithreading**: Teknik untuk menjalankan beberapa thread secara bersamaan.
40. **Namespace**: Ruang lingkup yang berisi nama-nama unik.
41. **Network Protocol**: Aturan yang mengatur komunikasi di jaringan.
42. **Node**: Titik atau perangkat dalam jaringan.
43. **Object-Oriented Programming (OOP)**: Paradigma pemrograman yang menggunakan objek.
44. **Open Source**: Perangkat lunak yang kode sumbernya tersedia untuk umum.
45. **Operating System (OS)**: Perangkat lunak yang mengelola perangkat keras komputer.
46. **Packet**: Unit data yang dikirim melalui jaringan.
47. **Parsing**: Proses menganalisis dan menguraikan data.
48. **Peer-to-Peer (P2P)**: Jaringan di mana setiap komputer dapat bertindak sebagai server dan klien.
49. **Ping**: Alat untuk menguji konektivitas jaringan.
50. **Platform**: Lingkungan tempat perangkat lunak dijalankan.
51. **Protocol**: Aturan yang mengatur pertukaran data.
52. **Proxy Server**: Server yang bertindak sebagai perantara antara klien dan server.
53. **Query**: Permintaan untuk mengambil data dari database.
54. **RAM (Random Access Memory)**: Memori sementara untuk menyimpan data yang sedang digunakan.
55. **Repository**: Tempat penyimpanan kode sumber.
56. **Router**: Perangkat yang mengarahkan lalu lintas jaringan.
57. **Runtime**: Periode saat program dijalankan.
58. **Script**: Program yang ditulis dalam bahasa scripting.
59. **SDK (Software Development Kit)**: Alat untuk pengembangan perangkat lunak.
60. **Server**: Komputer yang menyediakan layanan untuk komputer lain.
61. **Shell**: Antarmuka untuk berinteraksi dengan sistem operasi.
62. **SQL (Structured Query Language)**: Bahasa untuk mengelola database.
63. **SSH (Secure Shell)**: Protokol untuk akses aman ke komputer jarak jauh.
64. **SSL (Secure Sockets Layer)**: Protokol keamanan untuk komunikasi internet.
65. **Stack**: Koleksi teknologi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi.
66. **Subnet**: Bagian dari jaringan yang lebih besar.
67. **TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)**: Protokol utama untuk komunikasi internet.
68. **Thread**: Jalur eksekusi dalam program.
69. **Token**: Unit dasar dari kode sumber.
70. **UI (User Interface)**: Antarmuka pengguna.
71. **UML (Unified Modeling Language)**: Bahasa untuk memodelkan sistem perangkat lunak.
72. **Unit Testing**: Pengujian bagian kecil dari kode sumber.
73. **URL (Uniform Resource Locator)**: Alamat untuk sumber daya di internet.
74. **Virtual Machine (VM)**: Simulasi komputer di dalam komputer lain.
75. **VPN (Virtual Private Network)**: Jaringan aman yang dibuat melalui internet.
76. **Vulnerability**: Kelemahan dalam sistem keamanan.
77. **Web Server**: Server yang mengirimkan halaman web ke browser.
78. **WebSocket**: Protokol komunikasi untuk interaksi real-time.
79. **Wireframe**: Sketsa kasar dari antarmuka pengguna.
80. **WYSIWYG (What You See Is What You Get)**: Editor yang menunjukkan hasil akhir selama pengeditan.
81. **XML (eXtensible Markup Language)**: Bahasa markup untuk menyimpan dan mengangkut data.
82. **YAML (YAML Ain't Markup Language)**: Format data yang mudah dibaca manusia.
83. **Zero-Day**: Kerentanan yang belum diketahui publik.
84. **Zoning**: Pemisahan jaringan untuk meningkatkan keamanan.
85. **OAuth**: Protokol untuk otorisasi akses.
86. **Docker**: Platform untuk mengembangkan, mengirim, dan menjalankan aplikasi di dalam container.
87. **Kubernetes**: Sistem untuk mengotomatisasi pengelolaan aplikasi container.
88. **REST (Representational State Transfer)**: Gaya arsitektur untuk layanan web.
89. **GraphQL**: Bahasa query untuk API.
90. **Microservices**: Arsitektur perangkat lunak yang membagi aplikasi menjadi layanan-layanan kecil.
91. **DevOps**: Praktik yang menggabungkan pengembangan dan operasi TI.
92. **Continuous Integration (CI)**: Praktik menggabungkan perubahan kode secara berkala.
93. **Continuous Deployment (CD)**: Otomatisasi proses pengiriman kode ke produksi.
94. **Scalability**: Kemampuan sistem untuk menangani peningkatan beban kerja.
95. **Latency**: Waktu yang diperlukan untuk data berpindah dari satu titik ke titik lain.
96. **Throughput**: Jumlah data yang diproses dalam satu waktu tertentu.
97. **Bandwidth**: Kapasitas maksimum dari jalur komunikasi.
98. **Latency**: Waktu yang dibutuhkan untuk data berpindah dari satu titik ke titik lain.
99. **Data Compression**: Teknik untuk mengurangi ukuran data.
100. **Data Encryption**: Proses mengubah data menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci.

Key:

1. "Pengertian Algoritma dalam Teknik Informatika"
2. "Fungsi API dalam Pengembangan Aplikasi"
3. "Cara Kerja Array dalam Pemrograman"
4. "Definisi AI dan Contoh Penerapannya"
5. "Apa itu Big Data dan Manfaatnya"
6. "Sistem Bilangan Biner dan Contoh"
7. "Pengertian Bit dalam Komputer"
8. "Penjelasan Blockchain dan Fungsinya"
9. "Apa itu Bug dalam Pemrograman"
10. "Fungsi Cache dalam Komputer"
11. "Pengertian Cloud Computing dan Contohnya"
12. "Cara Kerja Compiler dalam Pemrograman"
13. "Apa itu Cryptography dan Contohnya"
14. "Pengertian Database dan Jenis-jenisnya"
15. "Proses Data Mining dan Manfaatnya"
16. "Langkah-langkah Debugging dalam Pemrograman"
17. "Cara Kerja DNS dan Fungsinya"
18. "Apa itu Encryption dan Cara Kerjanya"
19. "Pengertian Firewall dan Jenis-jenisnya"
20. "Fungsi Framework dalam Pengembangan Perangkat Lunak"
21. "Perbedaan Frontend dan Backend dalam Web Development"
22. "Apa itu Full Stack Developer"
23. "Pengertian Function dalam Pemrograman"
24. "Cara Kerja Git dalam Kontrol Versi"
25. "Apa itu HTML dan Fungsinya dalam Web"
26. "Pengertian HTTP dan Cara Kerjanya"
27. "Fungsi IDE dalam Pemrograman"
28. "Proses Indexing dalam Database"
29. "Pengertian IoT dan Contoh Aplikasinya"
30. "Cara Kerja IP Address"
31. "Pengertian JavaScript dan Kegunaannya"
32. "Apa itu JSON dan Contohnya"
33. "Fungsi Kernel dalam Sistem Operasi"
34. "Pengertian Library dalam Pemrograman"
35. "Cara Kerja Load Balancer"
36. "Definisi Machine Learning dan Contoh Aplikasinya"
37. "Apa itu Malware dan Contohnya"
38. "Fungsi Middleware dalam Pengembangan Aplikasi"
39. "Pengertian Multithreading dan Contohnya"
40. "Apa itu Namespace dalam Pemrograman"
41. "Pengertian Network Protocol dan Contohnya"
42. "Cara Kerja Node dalam Jaringan"
43. "Penjelasan Object-Oriented Programming"
44. "Apa itu Open Source Software"
45. "Fungsi Operating System dalam Komputer"
46. "Pengertian Packet dalam Jaringan"
47. "Proses Parsing dalam Pemrograman"
48. "Cara Kerja Peer-to-Peer (P2P)"
49. "Apa itu Ping dalam Jaringan"
50. "Pengertian Platform dalam Komputasi"
51. "Fungsi Protocol dalam Komunikasi Data"
52. "Cara Kerja Proxy Server"
53. "Pengertian Query dalam Database"
54. "Apa itu RAM dan Fungsinya"
55. "Fungsi Repository dalam Pemrograman"
56. "Cara Kerja Router dalam Jaringan"
57. "Pengertian Runtime dalam Pemrograman"
58. "Apa itu Script dalam Pemrograman"
59. "Fungsi SDK dalam Pengembangan Perangkat Lunak"
60. "Cara Kerja Server dalam Jaringan"
61. "Pengertian Shell dalam Sistem Operasi"
62. "Apa itu SQL dan Fungsinya"
63. "Fungsi SSH dalam Keamanan Jaringan"
64. "Cara Kerja SSL dalam Komunikasi Internet"
65. "Pengertian Stack dalam Pemrograman"
66. "Apa itu Subnet dalam Jaringan"
67. "Fungsi TCP/IP dalam Komunikasi Data"
68. "Pengertian Thread dalam Pemrograman"
69. "Apa itu Token dalam Kode Sumber"
70. "Pengertian UI dan Fungsinya"
71. "Fungsi UML dalam Pemodelan Sistem"
72. "Apa itu Unit Testing dan Manfaatnya"
73. "Pengertian URL dan Fungsinya"
74. "Cara Kerja Virtual Machine (VM)"
75. "Apa itu VPN dan Kegunaannya"
76. "Pengertian Vulnerability dalam Keamanan Sistem"
77. "Fungsi Web Server dalam Internet"
78. "Cara Kerja WebSocket dalam Komunikasi Real-Time"
79. "Apa itu Wireframe dalam Desain UI/UX"
80. "Pengertian WYSIWYG dalam Editor"
81. "Apa itu XML dan Fungsinya"
82. "Fungsi YAML dalam Penyimpanan Data"
83. "Penjelasan Zero-Day Vulnerability"
84. "Pengertian Zoning dalam Jaringan"
85. "Cara Kerja OAuth dalam Otorisasi"
86. "Pengertian Docker dan Fungsinya"
87. "Fungsi Kubernetes dalam Pengelolaan Container"
88. "Penjelasan REST API"
89. "Apa itu GraphQL dan Kegunaannya"
90. "Pengertian Microservices dalam Arsitektur Perangkat Lunak"
91. "Apa itu DevOps dan Manfaatnya"
92. "Penjelasan Continuous Integration (CI)"
93. "Apa itu Continuous Deployment (CD)"
94. "Pengertian Scalability dalam Sistem"
95. "Apa itu Latency dalam Jaringan"
96. "Pengertian Throughput dalam Komunikasi Data"
97. "Apa itu Bandwidth dalam Jaringan"
98. "Cara Kerja Latency dalam Komunikasi"
99. "Pengertian Data Compression"
100. "Fungsi Data Encryption dalam Keamanan Data"